Saturday, May 31, 2008 0 komentar

Aku lihat ke sekelilingku, Maka aku bersyukur. Part I

Melihat Ramadhani, pasien gizi buruk berusia 3 tahun dengan BB 5 kg, membuat saya bersyukur atas rahmat Allah kepada kedua anak kembarku,Vania&Rifda

Lihat saja, mereka begitu sehat, cerdas dan canttik'kan?
Maka nikmat Allah yang mana yang tidak aku syukuri?
0 komentar

Nikmat Allah Mana Lagikah yang Engkau Dustakan?

Allahuakbar,
Setiap pagi aku membaca surat Ar-rahman selalu 'merinding".
Takkan pernah aku ingkari nikmat Allah kepadaku.
-Tubuh sehat dan panca Indra yang sempurna
-Tidak pernah kelaparan
-Punya rumah yang damai
-Punya suami yang mencintaiku, dan sampai saat ini hanya aku.
-Punya anak-anak yang sempurna, sehat jasmani dan rohani, cerdas & cantik
-Punya orang tua yang melimpahiku dengan kasih sayang, sejak aku bayi hingga kini.
-Tidak pernah kekurangan materi.
-Punya.....
apa lagi yang tidak aku punya?

Allah memberikan segala hal yang aku butuhkan dalam hidupku. Tidak kurang tidak lebih.

Maka aku akan mendustakan nikmat Allah jika aku tidak mau membagi sedikit saja nikmatNya ini kepada manusia lain yang kurang beruntung.
0 komentar

Ramadhani, Balita Gizi Buruk. Karena Miskin atau Ortu tak Acuh?

Ini adalah postingan telat. Sebenarnya sudah sempet lupa, tapi waktu beres2 isi tas pagi ini, eh ketemu kwitansi pembayaran biaya rawat inap dari RS.Qadr, jadi ingat cerita ini

Rabu tgl.21 Mai 2008 jam 09.00 saya mengantar Dina ke UGD RS Qadr karena diare dan muntah-muntah sejak hari Minggu. Karena setiap makanan dan minuman yang masuk dimuntahkan kembali ,akhirnya dia jadi dehidrasi .

Selain Dina, pagi itu juga ada 3 orang pasien lainnya, salah satunya seorang anak yang kurus dan ringkih yang menderita kejang2. Dari pembicaraan antara dokter dengan ibu anak itu tersirat kalau si anak menderita gizi buruk, karena di usianya yang 3 tahun beratnya hanya 5 Kg (!!!).

Hasil diagnosa dokter anak tsb menderita Cerebral Palsy dan gizi buruk, sehingga harus dirawat di rumah sakit terutama untuk mengatasi kejang2 sehingga kerusakan pada syarafnya tidak semakin memburuk.

Namun karena tidak mempunyai biaya berobat yang mereka khawatirkan akan berjuta-juta maka keluarganya tidak bersedia anak tsb dirawat di RS. Bahkan ketika mereka diharuskan membayar sebesar Rp. 500 ribu sekian - untuk pembayaran biaya UGD dan pemeriksaan lab, mereka hanya mampu membayar 120.000 karena hanya itu sisa uang mereka.

Bismillahirahmanirrahim.
Dengan tujuan untuk mencari ridha Allah, saya membantu mereka membayari biaya pengobatan di UGD sekaligus uang muka untuk perawatan dibangsal anak.

Alhamdulillah 4 hari kemudian kondisi anak tersebut, Ramadhani, mulai membaik.
Kejang2 hilang dan ada peningkatan nafsu makan.
Akhirnya Sabtu sore Ramadhani diizinkan pulang.

Keesokan paginya, Minggu 25 Mai 2008 jam 8 pagi, Itoh, ibu Ramadani, menelpon ke rumah untuk mengucapkan terima kasih dan menyampaikan keluhan sepanjang kereta api :((
Yang dia ngga punya kerjaan lah , yang bapak Ramadhani yang tidak bertanggung jawab, yah pokoknya mengeluhkan hidupnya yang susah. Malah dia menyesalkan kelahiran Ramadhani dan ingin anaknya segera mati saja.

Astaghfirullah.
Saya sampai speechless. Simpati saya terhadapnya langsung menguap.
Sebagai manusia biasa, pikiran2 negatip langsung memenuhi benak saya.
Melihat tubuh Itoh yang padat gemuk berisi , asumsi saya setiap hari dia bisa makan sepiring nasi dengan kenyang. Namun dia membiarkan anaknya kelaparan atau tidak mengusahakan memberikan yang terbaik yang bisa dia berikan dan lakukan untuk anaknya.

Telepon Itoh di hari Minggu itu tidak hanya sekali, melainkan lebih dari 4x. Namun karena hari itu saya sedang keluar rumah dengan papa sampai lewat jam 9 malam, maka dia tidak sempat bicara langsung dengan saya.
Namun info dari Sri maupun Mae, Itoh mengeluhkan anaknya yang sakit dan minta supaya anaknya dibawa lagi ke rumah sakit.
Jam 11 malam, Itoh kembali menelpon ke rumah, Mae yang mengangkat teleponnya " Ibu sudah tidur" katanya
Jam 01.30 Senin, telepon kembali berdering, kali ini dari ayahnya Itoh. Beliau bilang cucunya masih sakit dan menangis terus dan minta cucunya saya bawa ke rumah sakit.
Ya ampun....rumahnya di ujung Parung. Bagaimana mungkin saya harus menjemput anak itu kesana dan membawanya ke rumah sakit tengah malam begini?

Ketika Ramadhani keluar dari RS.Qadr ada sisa uang muka perawatan lebih Rp. 400.000 yang saya izinkan diambilnya. Saya pikir sejumlah uang yang saya sudah setorkan ke kasir RS Qadr sudah saya infakkan dan tidak akan saya ambil kembali. Toh mereka bisa menggunakan uang tersebut untuk ongkos mengantar anaknya ke RS.

" Ibu'kan sudah berjanji akan mengobati cucu saya sampai sembuh" kata-kata kakeknya Ramadhani membuat saya naik darah.
"Loh, saya ngga berjanji apa-apa Pak. Kemarin saya bilang biaya perawatan di RS biar saya yang bayar. Maksudnya ya biaya yang di RS Qadr itu saja.
"Dan emangnya saya tuhan. Cucu Bapak kan sakitnya sudah tahunan, dari lahirkan? Bagaimana mungkin saya menyembuhkannya? Saya membantu semampu saya,Pak. Dan mohon maaf, karena uang saya ngga banyak jadi saya hanya bisa membantu sampai disini saja."
" Terus, kapan Ibu ke rumah saya." lanjutnya
" Buat apa Pak saya kerumah Bapak?"
" Yah, mungkin Ibu mau ngasih kami sumbangan, saya'kan orang miskin Bu, lagian Ibu juga sudah punya alamat saya."
Ya Allah, ditengah malam itu kesabaranku di uji.
"Pak,saya ngga wajib datang ke rumah Bapak yang di Parung sana, disekitar saya juga banyak orang gak mampu, saya lebih wajib menyantuni yang lebih dekat dahulu."
"Pak, saya mohon maaf, saya ngga bisa membantu bapak lebih dari ini. "

Begitulah, saya hanya mencoba menata hati kembali. Apa yang saya lakukan di tengah malam itu mungkin salah. Saya telah mengecewakan harapan Hamba Allah.
Tapi, sebagai manusia biasa, saya ingin Itoh dan keluarganya berusaha lebih maksimal bagi anaknya. Mengapa harus menunggu bantuan dari orang lain , tidak berupaya sendiri dahulu.
Semoga Allah memaafkan dan mengampuni saya. Dan semoga Allah tidak menghapus pahala saya pada saat awal niat saya membantu mereka.
Saturday, May 10, 2008 0 komentar

Resensi Film -----> Naga Bonar

Film yang disutradarai M.T Risyaf pada tahun 1987 ini di remake oleh Deddy Mizwar dengan judul sama dan sebagian besar aktris pendukung yang sama juga.Film yang ini menggunakan teknik mixing antara film versi jadulnya dengan versi sekarang, terutama untuk scene beberapa pemain yang sudah almarhum, seperti Emak (Roldiah Matulessy)

Dengan setting tahun 1945, dimana pada saat itu pasukan Jepang telah mundur dan tentara Belanda kembali berusaha masuk ke Indonesia. Dikisahkanlah kehidupan Nagabonar (Deddy Mizwar), si tukang copet ulung , dan sahabat setianya Bujang (Afrizal Anoda). Saking setianya, setiap kali Nagabonar tertangkap dan masuk penjara, si Bujang ikutan masuk penjara meskipun nggak ikut nyopet. Katanya sih biar bisa makan teratur dengan gratis.Sekeluarnya mereka dari penjara, mereka mendengar dari Bang Pohan (Piet Pagau) bahwa Indonesia sudah merdeka, lalu Belanda berusaha merebut negeri ini kembali, Naga dan teman2nya ikut angkat senjata untuk melawan Belanda. Naga bahkan akhirnya memimpin pasukan sendiri dan melakukan perang gerilya melawan Belanda.Hingga satu saat Nagabonar dan pasukannya mendapat perintah mundur dari Bang Pohan. Tidak lagi menyerang Belanda karena perjanjian gencatan senjata telah disepakati. Maka mereka pun mundur dan menetap di satu tempat untuk beberapa saat. Dalam rombongan mereka termasuk juga Emaknya Nagabonar (Roldiah Matulessy) yang tetap menganggap Naga bekerja sebagai pencopet, lalu ada juga seorang ‘tawanan’ Kirana (Nurul Arifin) putri dokter Zulmi (Kaharuddin Syah) yang dituduh antek Belanda.Belanda mengajak Nagabonar merundingkan garis demarkasi. Sebelum perundingan, demi harga diri, Nagabonar dan teman2nya memutuskan untuk memberikan pangkat kemiliteran kepada diri mereka masing2. Atas usulan Lukman (Wawan Wanisar) yang paling terpelajar, Nagabonar menjadi jendral, Murad (Mustafa) dapat kolonel, Jono letnan kolonel, Lukman sendiri menjadi mayor. Lukman yang rada sentimen sama Bujang hanya memberikan pangkat kopral untuk Bujang. Bujang pun protes keras. Tapi Nagabonar tak mampu memprotes keputusan Lukman karena tahu ia tak akan bisa mendebat Lukman.Dalam perundingan dengan Belanda, Nagabonar tidak mau menunjukkan lokasi pasukannya karena ia tahu akal licik Belanda. Yang terjadi malah Naga sempat2nya mencopet jam tangan si mayor Belanda yang kemudian ia hadiahkan untuk Bujang. Agar Bujang terhibur : meskipun pangkatnya cuma kopral tapi jam tangannya Mayor.Nagabonar diam-diam naksir Kirana. Dengan bantuan Bujang ia berusaha mendekati Kirana. Mariam, pencopet lain yang juga punya pasukan, ternyata juga naksir Kirana. Mariam dan pasukannya datang ke tempat Naga, bersenjata lengkap, meminta Kirana. Naga mengajaknya bertanding catur untuk menentukan siapa yang berhak atas Kirana. Dengan sedikit curang, Naga menang, Mariam nggak terima. Tembak-menembak antar teman pun terjadi. Mariam tertembak kakinya dan menyerah, merelakan Kirana untuk Nagabonar.Naga terserempet peluru di lengannya. Kirana yang anak dokter merawat luka Naga. Dan mulailah benih2 kasih bertebaran.Sementara itu si Bujang merasa sangat kesal sama Lukman, karena dia dianggap bawahan yang disuruh2 melulu oleh Lukman. Bujang bertekad untuk membuktikan siapa yang lebih hebat. Hingga satu pagi Naga kehilangan satu set seragamnya lengkap dengan tanda pangkat, tongkat, dan topi bulunya. Murad melaporkan bahwa Bujang pada waktu subuh telah nekat membawa pasukan untuk menyerang Belanda.Dan siang harinya… pasukan itu kembali dengan membawa si Bujang yang telah terkulai tak bernyawa di atas kuda. Bujang mengenakan seragam dan semua atribut milik Nagabonar. Nagabonar tak mampu berkata apa-apa. Dia lari pulang, menangis dan meneriakkan nama Bujang berulang-ulang. Saat penguburan Bujang, Naga mengenakan seragamnya yang berlumuran darah si Bujang. Dalam kesedihan kehilangan Bujang teman baiknya, Naga mengunjungi Kirana lagi. Naga curhat ke Kirana kalau ia merasa kesepian dan sendirian. Kirana menghiburnya dengan mengatakan kalau Naga tidak sendirian. “Masih ada aku…”, kata Kirana… Besoknya Naga meminta emaknya untuk melamar Kirana. Tapi emaknya malah menasehati Kirana agar tidak percaya sama kata2 Naga….Belanda akhirnya melanggar sendiri perjanjian gencatan senjata. Naga pun segera menyiapkan pasukan untuk kembali menyerang Belanda. Kirana bilang kalau dia ingin ikut bertempur di garis depan bersama Naga. Nagabonarpun menyetujui, dan memberi Kirana pangkat Permaisuri!

Comment gw :

1. Very-very recommended...secara lucu banget neh film. Sampe Mei ini kayaknya baru 1 film Indonesia ini yg gw rekomen.
2. Tempelan antara film Jadulnya dan Film versi sekarang alus banget meskipun tetep aja ada "cacat"nya. Yang gw liat jelas sih pada saat Emak ngobrol ama Kirana soal lamaran Naga, keliatan kalo arah muka emak dan Kirana ngga segaris.
3. Koq ada adegan cowok mandi telanjang seh... keliatan jelas banget. Emang perlu? Kenapa ngga diilangin aja ya?
4. Kekuatan film ini , selain dari dialog2 yang lucu, tentu saja dari akting pendukungnya yang TOB (Secara Deddy Mizwar, Wawan Wanisar, Piet Pagau ama Afrizal Anoda yang emang besar di teater)
5. Tentu saja yang patut dipuji juga adalah Make Up Artisnya, meskipun keliatan beda "umur muka" pemain2 pada film Jadulnya dan versi sekarang, tapi tetep keliatan jauh lebih muda dari aslinya.
0 komentar

Resensi Film ---> Forbidden Kingdom

Tadinya gw pikir filmnya kayak film Jet Li yg Judulnya Heroes, dari alur cerita, teknik pengambilan gambar, & seni bela diri yg artistik.Ide ceritanya ga beda jauh ama LOTR (Lord Of the Ring karya JRR Tolkien), yg intinya harus mengembalikan barang pusaka , yang kali ini berupa Tongkat milik Sun Wukong (Jet Li), dalam perjalanannya ditemani oleh Drunken Master (Jacky Chan) dan si Silent Monk (Jet Li), dan Sparrow "yg bening" namun perannya ga jelas2 amat. (Berhubung ini film buatan Hollywood, harus ada tempelan lawan jenis)Yg gw acungin jempol dari film ini adalah detail dr gambar, dimana mulai dari perlengkapan perang & baju perang pasukan Jade War Lord, istana si Jade war lord, sampai dengan detail tongkat Sun Wukong. Setting & teknik pengambilan gambar juga bagus meski ngga sebagus Crouching Tiger And Hidden Dragonnya Ang LeeCuman sangat disayangkan saat adegan berantem antara Jet Li & Jacky Chan, kok kayaknya "chemistry"nya ada yang kurang gitu loh.Gua juga lebih merasa kalo ini "film-nya" Jacky Chan yang kocak dibanding film serius ala Jet Li.Btw, film ini emang di tunggu sih, secara kapan lagi ada 2 tokoh kung fu dalam 1 film.
0 komentar

Resensi Film ---- Iron Mask

Setelah Batman, Superman dan ...man -.. man lainya, sekarang giliran Iron Man yang merupakan salah satu tokoh superhero komik karya Stan Lee terbitan Marvel diangkat ke layar lebar oleh Paramount Pictures.
Film ini disutradarai Jon Favreau dan diperankan oleh :Robert Downey Jr. ... Tony Stark / Iron ManTerrence Howard ... Jim RhodesGwyneth Paltrow ... Virginia 'Pepper' PottsJeff Bridges ... Obadiah Stane / Iron MongerSamuel L. Jackson ... Nick FuryLeslie Bibb ... Christine EverhartClark Gregg ... Agent Phil Coulson
Tony Stark adalah seorang super jenius sekaligus seorang bilyuner flamboyan pemilik Stark Industries, pabrik pembuat "mesin pembunuh" yang merupakan pemasok utama untuk persenjataan militer AS dan sekutunya.
Dalam perjalanan pulang seusai "presentasi dan demo" produk terbaru, rombongan Tony Stark dihadang oleh pasukan militan musuh ( yang lagi-lagi digambarkan sebagai bangsa "Arab"!!! :smash:). Dalam masa penahanannya ia dipaksa untuk membuat rudal (namanya lupa!). Menyadari nyawanya terancam , dengan suplai seadanya, sang super jenius menciptakan sebuah baju baja dan menggunakannya sebagai sarana untuk melarikan diri.
Setelah berhasil pulang dengan selamat, ia menyempurnakan prototipe baju baja tsb, kali ini dengan tujuan untuk menyelamatkan dunia.

Opini gw:
1. Film ini gw rekomendasikan untuk ditonton
2. Sang super hero tidak digambarkan sbg sosok sempurna. Tony Stark adalah lelaki "biasa" yang mata keranjang, sekalipun populer tapi kesepian. Namun ia fokus pada tujuan.
3. Dengan kejeniusannya ia mampu membuat sesuatu yang tidak biasa, namun tetap melalui tahapan Trial and Error
4. Meskipun "Manusia Biasa" sebagai super hero Tony Stark punya cadangan nyawa yang ngga ada habisnya.
5.. Musuh utama Tony ternyata adalah rekan kerja yang sekaligus sahabat ayahnya. Kesimpulan :Orang terdekat dapat menjadi musuh terbesar anda. Jadi hati2 dgn org disebelahmu
6. Kenapa ya teroris selalu dilambangkan dengan suku bangsa "Arab"?

Tony Stark yang Flamboyan




Thursday, May 1, 2008 0 komentar

Kuliah Lagi

Keinginan dan impian saya untuk kuliah lagi akhirnya mulai terlaksana. Ibaratnya seperti impian yang terpendam.
Saya dan Papa kali ini mengambil jurusan Teknik Perminyakan di Migas Balongan.
Hari Jum'at siang, 25 April 2008, kami berangkat menuju ke Indramayu. Kuliah akan dimulai keesokan harinya, Sabtu 26 April 2008. Jadwal kuliahnya benar-benar penuh dimulai pukul 10.00 baru selesai pukul 21.00 malam. Besoknya, Minggu 27 April 2008, kuliah dimulai kembali pukul 07.30 sampai 15.30. Bayangkan digenjot begitu.

Tapi demi ilmu dan cita-cita, dibutuhkan ketekunan dan pengorbanan.

Semoga tidak ada halangan sehingga tidak berhenti ditengah jalan.
 
;