Wortel, Telur dan Biji Kopi

by - Monday, July 09, 2012

Ada seorang anak datang ke ayahnya mengeluhkan segala kesulitan hidup yang dihadapinya. Sang ayah lalu mengajak anaknya ke dapur.
Kemudian ia memasukkan air kedalam 3 buah panci lalu menjerang panci tersebut. Setelah air didalam panci mendidih, maka Ayah memasukkan wortel kedalam panci pertama, telur kedalam panci kedua dan biji kopi kedalam panci ketiga.
Setelah 10 menit kemudian Ayah mengeluarkan wortel, telur dan segelas air dari hasil memasak biji kopi.
Si anak yang sejak tadi diam memperhatikan apa yang dilakukan Ayahnya ,lalu bertanya. "Untuk apa semua ini , Ayah?"
Ayahnya menjawab. "Makanlah wortel dan telur ini. Lalu minumlah air rebusan biji kopi dari gelas ini."
Si Anak mematuhi perintah Ayahnya.
Lalu si Ayah bertanya " Apa yang kau rasakan?"
Sang anak menjawab " Wortel ini terasa lunak. Telur rebus ini keras seperti telur rebus umumnya. Lalu air ini terasa pahit karena mengandung kopi. Apa maksud Ayah?"
"Ketiga jenis benda tersebut mengalami perlakuan yang sama. Direbus dalam air mendidih selama 10 menit. Namun, Wortel yang tadinya keras, kaku dan susah dibentuk kemudian menjadi lunak, bahkan kau bisa menjadikannya bubur. Sedangkan Telur yang isinya berupa cairan dan diliputi kulit yang tipis setelah direbus berubah menjadi keras dan padat.  Namun berbeda dengan biji-biji kopi ini. Ketika ia direbus, maka ia akan mempengaruhi air sekitarnya sehingga ia menjadi hidangan kopi yang siap engkau nikmati.
Lalu Anakku,Apakah yang akan kau pilih, menjadi seperti Wortel, Telur atau Biji kopi ketika kau menghadapi cobaan dan tantangan dalam hidupmu?"

You May Also Like

0 komentar