Tuesday, April 16, 2013

Anda Golongan Reptilia Atau Mamalia?






Menurut pakar pemasaran Rhenald Kasali, Ph.D., wanita punya kelebihan-kelebihan dibandingkan pria, yang bisa menjadi aset dalam menjalankan usaha. Dari sisi nilai sosial, pria lebih individual, sedangkan wanita lebih mampu melebur dalam grup. Pria bisa dikatakan unggul dalam hal kompetisi, namun wanita memiliki kelebihan dalam berinteraksi. Jika pria memiliki rasa bangga dan superior, wanita lebih mengembangkan empati.

Wanita juga unggul dalam hal multitasking dibandingkan pria yang lebih fokus pada suatu hal dalam suatu waktu. Kalau pria tak suka detail, menganalisis, dan gemar mengeliminasi pilihan, wanita lebih unggul dalam detail, mencari informasi sebanyak-banyaknya dan melakukan integrasi sekaligus tindakan. “Dalam hal komunikasi, pria lebih mengedepankan fakta dan poin-poin saja dalam pembicaraan, sedangkan wanita berkomunikasi dengan gaya bercerita, lengkap dengan detailnya,” tutur Rhenald.

Sebelum memasuki dunia bisnis, kenali juga Anda termasuk golongan 'reptilia' atau 'mamalia'. Ini istilah Rhenald untuk dua golongan utama karakter seseorang. Reptilia terbagi lagi dalam reptilia gersang dan reptilia excellence. Reptilia gersang memiliki ciri antara lain: dingin, mengetahui teknis keuangan, menerapkan disiplin prosedural, serta sulit percaya kepada orang lain. Reptilia excellence memiliki ciri antara lain: penuh kasih sayang, bijak dalam keuangan, selektif, menerapkan disiplin strategis, kreatif, serta mengawali segala sesuatu dengan rasa percaya.

Golongan mamalia dibagi menjadi: mamalia ibu rumah tangga dan mamalia excellence. Mamalia ibu rumah tangga antara lain berciri: mengutamakan keluarga, sulit mendelegasikan tanggung jawab, berkomunikasi internal dan rahasia, berkelompok, serta cenderung hati-hati dan tertutup. Sedangkan mamalia excellence memiliki ciri: menganggap bisnis adalah tanggung jawab, selalu ada pendelegasian, terbuka, mengutamakan kualitas, percaya diri, bersikap strategis dan terbuka.

Agar menjadi reptilia excellence atau mamalia excellence, Anda perlu mengubah diri, dengan menerapkan prinsip OCEAN, yang merupakan akronim dari segala jenis keterbukaan:

O: Openness to experience, keterbukaan pikiran, terutama terhadap hal baru yang dialami dan dilihat sendiri.
C: Conscientiousness, keterbukaan hati dan telinga. Kesadaran mendengarkan, baik yang terdengar maupun yang dirasakan.
E: Extrovertness, keterbukaan diri terhadap orang lain, kebersamaan dan hubungan-hubungan.
A: Agreeableness, keterbukaan terhadap kesepakatan, sehingga tidak mudah memilih konflik.
N: Neuroticism, keterbukaan terhadap tekanan-tekanan.

Inilah kelima unsur pembentuk sifat perubahan (change DNA) OCEAN. DNA, sebagai unsur pembawa sifat yang membentuk manusia, perlu terus diasah, menghadapi berbagai cobaan, terbuka terhadap pengalaman dan tekanan-tekanan, serta terus membangun diri. Bukanlah hal yang tidak mungkin, mengubah diri menjadi seseorang yang lebih baik dan siap menjadi seorang wirausaha.



Tip Sukses Rhenald
·        Hasil kinerja seseorang dinilai dari perilaku, cara berpikir, dan karakternya

·        OCEAN pada masing-masing orang bisa diukur. Jika tidak tinggi, jangan mengharapkan perubahan terlalu tinggi.
·        Sulit tidaknya perubahan tergantung pada sugesti diri Anda. Pertama, buang dulu belenggu masa lalu, dan yakinkan diri mampu bilang 'bisa!'. Jika pandai mensugesti diri dengan positif, pasti bisa.
·        Jika Anda tak menyukai sesuatu, ubahlah. Jika tak mampu mengubahnya, ubahlah cara berpikir Anda, untuk bisa menerima hal tersebut.
  


0 komentar:

Post a Comment

 
;