Wednesday, April 3, 2013

Kulit Wajah Kusam? Ngga Lagi Dong...


Melakukan banyak kegiatan diluar rumah menyebabkan kulit wajah sering terpapar sinar matahari dan debu. Mengoleskan pelembab dan sunblock adalah salah satu cara menahan efek negatif dari radiasi sinar matahari dan debu yang menempel di permukaan kulit. Sayangnya pelempab dan sunblock mempunyai masa efektif sejak dioleskas ke kulit, misalkan Sunblock dengan SPF 15 maximal efektifnya adalah 10x15 menit atau 2.5jam. Berarti tiap 2.5 jam sekali anda harus mengoleskan kembali sunblock tersebut. Belum lagi jika  sunblock terhapus akibat wajah berkeringat, terkena air (cuci muka) atau ketika anda mengelap wajah dengan tisu atau saputangan, maka anda wajib lebih sering membersihkan wajah dan mengoleskan lagi sunblock agar kulit wajah tidak terbakar dan menjadi kusam.
Aduh, repot banget yah

Karena alasan repot ini orang-orang 'pemalas' seperti saya biasanya mengoleskan pelembab dan sunblock hanya pada saat sebelum berangkat untuk memulai aktifitas. Dan baru sempat membersihkan wajah serta mengulangi ritual "oles-oles" ini setelah selesai saat  Dzuhur. Jika berangkat kerja pukul 7 dan saat Dzuhur pukul 12 -berarti 5 jam dengan masa efektif sunblock 2.5jam - maka selama 2.5 jam wajah saya tidak terproteksi dari paparan sinar matahari dan debu. Tidak heran jika kulit wajah menjadi kusam dan terdapat flek-flek hitam. (Hiks..)

Menonton iklan Pemutih wajah Garnier (ups nyebut merek) dimana salah satu monolog Laudya Chintya Bella "Mengandung Extract Lemon Asli", bikin saya 'ngeh. -Cling- berarti bisa dong bikin cerah wajah dengan jeruk lemon. 

Langsung saya ambil lemon dari kulkas, dibelah menjadi beberapa bagian, lalu saya gosokkan ke wajah. Reaksi pertama terasa sedikit perih, saya tahan saja, kira-kira 15 menit kemudian saya bilas dengan air hangat. Belum ada perubahan.
Tapi karena potongan lemonnya masih banyak (sekali pemakaian cukup hanya dengan seiris lemon,karena kandungan airnya cukup banyak) maka kira-kira 2 jam kemudian saya ulangi, kali ini saya diamkan selama 1 jam sebelum dibilas.  Pemakaian ketiga saya oleskan sebelum tidur dan dibersihkan keesokan harinya.

Eh, beneran loh, kulit wajah saya terlihat lebih bersih. Saya jadi penasaran dengan kandungan Jeruk Lemon. lDari hasil  googling ternyata buah ini mengandung Vitamin C 47% lebih banyak dari jeruk manis. Nah, Vitamin C sendiri bermanfaat sebagai anti oksidan dan berperan besar dalam menjaga struktur kolagen. Selain itu sifat asam dari Lemon efektif  untuk mengikis sel kulit mati.

Jadi, jika wajah anda kusam dan belum sempat untuk melakukan treatment di salon, tidak ada salahnya mencoba tips ini. Semoga kinclong selalu..:D






0 komentar:

Post a Comment

 
;