Sunday, April 14, 2013

Memulai Bisnis Dari Nol (Bagian 7)

7.               Mengelola Keuangan.

Tujuan utama anda membangun dan mengelola usaha tidak lain adalah mendapatkan keuntungan. Selain keuntungan bertambah luasnya relasi dan pengetahuan dalam dunia bisnis, keuntungan yang paling  diharapkan  adalah meningkatnya pendapatan atau uang anda.. Untuk tercapainya tujuan tersebut maka diperlukan pengelolaan uang yang baik. Semakin besar omset usaha atau semakin meningkat jumlah transaksi maka semakin dibutuhkan ketelitian dalam mencatat keuangan usaha.

Pada awal usaha yang paling penting dilakukan adalah memisahkan ‘uang’ usaha dengan ‘uang’  pribadi karena seringkali terjadi pengusaha pemula akan mencampur adukkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Bila hal ini dibiarkan secara terus menerus maka anda bisa terjebak pada kerumitan pengelolaan uang hasil usaha anda.

Catatan keuangan bisa dimulai dengan menggunakan metode yang paling sederhana yaitu mencatat uang masuk dan uang keluar dalam bentuk tabel debet kredit.  Untuk memudahkan anda bisa membeli buku 'Tabel Debit-Kredit' ditoko buku. Jika anda memutuskan anda sendiri yang melakukan pencatatan ini, dikarenakan keterbatasan pekerja, maka anda harus memaksa diri agar berdisiplin. Karena  tidak jarang pemilik usaha yang sering tidak sabar mencatat dengan teliti setiap pemasukan dan pengeluaran usahanya. 

Masalah akan timbul jika suatu saat anda membutuhkan dana tambahan dari investor. Untuk memutuskan pemberian modal para investor biasanya akan mempertimbangkan perkembangan usaha dari laporan keuangan. Laporan keuangan yang berantakan tentu akan menyulitkan mereka menganalisa  kelayakan usaha anda.

A.      Sistem Keuangan
Jika pada tahap awal usaha anda bisa mencatat keuangan dengan cara yang sangat sederhana, maka dengan semakin berkembangnya usaha diperlukan pencatatan yang lebih detail sehingga dibutuhkan pengetahuan ilmu akuntansi. Namun anda yang tidak memiliki pengetahuan ilmu akuntansi tidak perlu merasa khawatir karena sekarang sudah banyak software akuntansi yang dijual dengan berbagai macam feature yang ditawarkan. Anda bisa membelinya dengan menyesuaikan budget yang anda miliki dan feature jenis pencatatan yang anda butuhkan.
Apapun jenis dan model pencatatan yang anda pilih, setidaknya diperoleh ringkasan mengenai arus cash flow, neraca dan catatan untung-rugi.

B.      Aliran Uang (Cash Flow)
Ketika memulai usaha, aliran uang lebih penting dari keuntungan. Karena secara umum pada tahap awal usaha keuntungan belum dapat diperoleh. Aliran uang yang lancar diperoleh dari penjualan (piutang) yang bisa segera dibayar dan pembelian (hutang) yang diusahan agar dilakukan belakangan.
Namun, kesulitan cash flow akan anda alami jika  pembelian dilakukan secara tunai tetapi penjualan anda dibayar dengan tempo mundur. Jika hal ini terjadi maka anda harus memiliki modal pembelian berlipat kali agar usaha anda bisa terus berjalan.
Hasil laporan cash flow berguna untuk mengetahui uang real yang anda miliki sehingga anda bisa merencanakan jadwal pembayaran hutang atau membeli aset.

C.     Neraca
Neraca menunjukkan nilai bisnis pada suatu waktu tertentu. Neraca bisa menggambarkan apakah suatu usaha dalam kondisi sehat atau tidak. Neraca menunjukkan aset yang anda miliki dan besarnya kewajiban yang harus dibayarkan.  Dari neraca anda bisa memperkirakan apakah anda dapat membayar hutang usaha anda.
Aset mencakup bangunan, kendaraan, peralatan, bahan mentah dan barang-barang lain yang dimiliki perusahaan. Kewajiban mencakup hutang.

D.     Catatan laba-rugi
Catatan laba-rugi menunjukkan uang masuk dan keluar pada jangka waktu tertentu. Perhitungan ini berbeda dengan arus kas karena menunjukkan total pendapatan bukan hanya uang kas.
Dalam pencatatan laba-rugi ada pencatatan beban langsung dan beban usaha. Beban langsung biasanya mencakup pengeluaran yang berhubungan dengan produk yang dijual. Sedangkan beban usaha adalah pengeluaran yang selalu ada meskipun jika tidak terjadi penjualan, misalnya gaji karyawan, biaya sewa tempat usaha, biaya listrik dan telepon. Perhitungan ini menunjukkan banyaknya uang yang didapat dan dibelanjakan. Dengan demikian dapat terlihat usaha mengalami untung atau rugi.



1 komentar:

bumbu pecel bali said...

isinya menarik yaa
sangat memberikan motivasi

berkunjung ke sini juga yaa...

http://kursusinternetmarketingmurah.blogspot.com
http://bumbupecelbali.blogspot.com

Dari http://bantalsilikon01.blogspot.com
http://bantalsilikon01.blogdetik.com/

tanks very much.... :)

Post a Comment

 
;