Tuesday, April 16, 2013

Tips Agar Karyawan memiliki 'Corporate Values"





 Penerapkan nilai kejujuran, ketepatan, kebersamaan, dan semangat pada karyawan di perusahaan menjadi sangat penting karena menyangkut nilai-nilai perusahaan.Nilai-nilai perusahaan merupakan prinsip-prinsip dasar yang memberi jalan tentang bagaimana segenap karyawan dan jajaran manajemen bertindak setiap hari, berkembang hingga berhubungan, baik di internal perusahaan maupun eksternal perusahaan (misalnya dengan klien dan customer). 

Tapi taukah Anda bagaimanakah cara agar para karyawan benar-benar melaksanakannya?
Berikut ini beberapa tips agar anda memiliki karyawan yang menghargai nilai-nilai perusahaan, yaitu:



Pertama: Rekrutlah orang-orang yang menghargai values yang Anda inginkan.  Jangan rekrut berdasarkan nilai ijazah atau asal sekolahnya semata.
 
Kedua: Tanamkan nilai-nilai perusahaan itu sejak hari pertama mereka bergabung. 

Ketiga: Adakan pertemuan mingguan untuk membahas nilai-nilai perusahaan beserta contoh dan praktiknya.
 
Keempat: Minta karyawan untuk menghafal nilai-nilai perusahaan ini. Agar mereka tidak lupa, tulis nilai-nilai itu pada dinding-dinding kantor yang strategis dan terlihat.
 
Kelima: Bertindak tegas terhadap karyawan yang melanggar nilai-nilai perusahaan. Bisa dengan surat peringatan, mutasi, hingga tindakan penghentian perjanjian kerja. Sebaliknya, penghargaan juga diberikan berdasarkan values.
 
Keenam:  Ciptakan cerita-cerita yang menyangkut nilai-nilai perusahaan tersebut agar lebih mudah dimengerti dan dipahami karyawan.
 
Ketujuh: Walk the talk. Jangan hanya karyawan yang dituntut menaati dan menjalankan nilai-nilai perusahaan. Anda sendiri harus memimpin dengan contoh.

0 komentar:

Post a Comment

 
;