Saturday, May 4, 2013

Tentang Kegagalan

Pepsi Cola mengalami kebangkrutan pertama pada 2 Maret 1923. Perusahaan ini kemudian berusaha bangkit lagi, tapi dua tahun kemudian kembali mengumumkan kebangkrutannya. Pada 18 Mei 1931, Pepsi Cola lagi-lagi bangkrut untuk ketiga kalinya. Tapi lihat, Pepsi Cola yang sekarang kembali bersinar hingga beberapa tahun yang lalu penjualannya mencapai US$ 9.3 Milyar per tahun.

Edison membuat sketsa lampu pijar yang diciptakan pada tahun 1879. Berulang kali percobaannya gagal. Tetapi Edison tetap berpegang pada bayangan lampu pijar dalam jiwanya. Dan sekarang, dunia kita bisa terang benderang setiap malam berkat karyanya.

Tahun 1971, Muhammad Ali dikalahkan oleh Joe Frazier dalam pertarungan pertama setelah beberapa tahun izinnya bertinju dicabut atas hukuman karena ia enggan mengikuti wajib militer. Ali kembali menjuarai kelas berat pada 1974 dengan mengalahkan George Foreman.


Dia seorang yang gagal dalam bisnis pada tahun 1831. Dia juga gagal menjadi badan legislatif di tahun 1831. Sekali lagi ia gagal dalam bisnis di tahun 1833. Mengikuti kontes pidato dan gagal menjadi juara di 1831. Gagal menjadi dewan pemilih pada tahun 1840. Gagal menjadi anggota kongres pada tahun 1843. Lalu, ia dilantik menjadi anggota kongres pada tahun 1846,  tetapi dua tahun kemudian gagal dilantik lagi. Gagal menjadi senat pada tahun 1855, lalu gagal menjadi presiden setahun kemudian. Ia kembali  gagal menjadi anggota dewan senat pada tahun 1858. Akhirnya, pada 1860 ia menjadi presiden dan menjadi salah satu presiden paling sukses di Amerika hingga terpilih sebanyak 4 kali. Ia adalah Abraham Lincoln.


Walter Elias Disney pernah mendirikan perusahaan yang bernama Laugh –O- Gram , perusahaan tersebut sempat sukses. Sayangnya, perusahaan tersebut bangkrut dan Disney terlilit hutang sampai satu-satunya perabot yang ia punya adalah sebuah bangku kecil untuk makan dan minum. Bahkan untuk mandi ia menumpang di sebuah setasiun kereta api. Tapi lihatlah sekarang, betapa raksasanya perusahaan Walt Disney sekarang.

Kelima  contoh diatas adalah kisah nyata. Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami kegagalan. Sebut nama dan tanyalah pada mereka, pasti ada cerita  saat-saat mereka mengalami kegagalan,  entah bangkrut, gagal mencoba atau apapun.

Tergantung pada sikap kita dalam menerima kegagalan. Kita bisa menerimanya sebagai penyemangat, pelajaran berharga agar tidak terulang lalu berusaha lebih baik lagi atau kegagagalan malah mematahkan semangat dan tidak pernah mau mencobanya lagi.

Manusia Indonesia hidup rata-rata 60-70 tahun, kecuali Tuhan berkehendak lain. Tentu dalam keseluruhan tahun-tahun tersebut kita mengalami kebahagiaan dan kesedihan. Jika dalam satu tahun kita mengalami kesedihan masih ada 59-69 tahun kemungkinan kita mengalami kebahagiaan.

Gagal tidak berlaku selamanya, melainkan hanya sementara. Masih ada waktu untuk bangkit dan membayar dengan kesuksesan. Jika kita MAU  


*kisah diambil dari berbagai sumber*

1 komentar:

Unknown said...

Ok semangat lgi, tpi modal dari mana ya lgi ya,....

Post a Comment

 
;