Monday, August 19, 2013

Nastar Safira : Sebuah Bisnis Dari "Rasan-rasan"

Kali ini saya mau berbagi kisah bisnis baru saya yang saya mulai saat Ramadhan kemarin.
Bermula dari "rasan-rasan" saya dengan kakak yang berteman dengan bagian pembelian di sebuah BUMN . Kakak saya bercerita bahwa teman itu setiap menjelang lebaran selalu membeli ratusan stoples kue kering untuk hadiah lebaran bagi dhuafa sebagai bagian CSR mereka. Saya bilang ke Kakak : "Saya juga bisa bikin kue kering. Beli ke saya aja deh". Kakak langsung menelpon temannya dan sang teman meminta besok saya membawa sample ke kantornya.

Waduh. Jelas saya tidak siap. Saat itu'kan saya asbun saja.

Tapi tidak kehilangan akal saya dan adik segera ke pasar Mayestik untuk membeli beberapa stoples kue kering sebagai sample dan menyerahkan ke teman Kakak. Untuk meyakinkan beliau bahwa bisnis saya serius,saya segera membuat Fanspage di FB, Twitter dan website dan memberi merk Nastar Safira untuk dagangan saya ini.

Sayangnya sample yang saya kasih "over of spec" buat mereka. Saya kasih kue yang harga diatas 50.000 sedangkan budget mereka separuhnya. Saya tersingkir.

Namun, karena sudah kadung maka saya jalan terus. Alhamdulillah berkat rekomendasi teman-teman dan promosi yang gencar orderan masuk terus dan saya harus merekrut hingga 10 tenaga bala-bantuan.


Masalah lain muncul yaitu permodalan. Karena biarpun saya memakai sistem pre-order, tapi kan agar harga jual lebih ekonomis saya harus membeli bahan baku grosiran. Gak mungkin ada yang pesan nastar stoples, saya baru beli telur sekilo, mentega setengah kilo dlll secara "ketengan". Alhamdulillah, setelah pasang status di FB,ada teman yg kebetulan punya dana nganggur menawarkan untuk profit sharing.

Alhamdulillah (lagi), bisnis dadakan ini dalam 1 bulan beromset tidak kurang dari 25 juta.Dan produk kami juga sudah pernah di liput oleh televisi loh . 


Lalu setelah lebaran apakah bisnis ini akan berhenti? Insya Allah tidak. Kami hanya perlu merumuskan pola pemasaran baru yang berbeda tentu dari pola saat menjelang lebaran kemarin.

Oya, ini foto beberapa produk Nastar Safira :








0 komentar:

Post a Comment

 
;