Thursday, January 23, 2014

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGSPOT

 (Ditulis untuk Kursus Online "Blogging dengan Blogspot" pada Komunitas IIDN)

Blog atau Weblog adalah website yang berisi berbagai macam catatan pemilik website yang diterbitkan secara online. Blog yang pada awalnya hanya berupa artikel-artikel kemudian berkembang dengan konten foto, video, dan audio yang berformat mp3.
Blogspot dan wordpress menyediakan hosting secara gratisan untuk blog, sehingga siapapun bs membuat akun disana dengan menggunakan subdomain dari blogspot ataupun wordpress.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat blog pada blogspot.
berikut langkah-langkahnya.

1. Anda harus memiliki Akun Google, Jika belum punya silakan ketik dibrowser anda http://mail.google.com/, kemudian klok tombol "buat akun baru/ create an account" dan isikan data pribadi anda pada form yg telah disediakan.

2. Setelah Anda memiliki akun atau email Google, selanjutnya pada internet browser ketikkan http://www.blogger.com/ maka anda akan masuk ke halaman Blogger Create a blog.

3. Pada kotak Sign in Email ketikkan alamat Email Google dan password Anda pada kotak Password kemudian klik tombol Sign in.

4. Kemudian kita akan masuk jendela atau halaman berikutnya,kemudian klik tombol "Blog Baru"

5. Selanjutnya buat judul blog anda , misalnya "Catatan Harian" , "Resep Bunda Safira", atau judul lain sesuai keinginan ada, kemudian anda diminta memilih nama subdomain yg anda inginkan. Lalu pilih template blog . Template ini bisa anda ganti kemudian.
 


6.Selanjutnya akan masuk ke halaman yang menyatakan bahwa Blog Anda telah dibuat, klik tombol Mulai mengeposkan untuk memulai membuat tulisan pada blog Anda.

7. Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman postingan baru, silakan diisi Judul postingan pada kotak Post title dan isi artikel pada kotak besar. Pada kotak isi artikel Anda bisa menyisipkan gambar, link, mengatur jenis, ukuran dan warna font dan lain-lain. 



8.Setelah Anda yakin telah selesai dengan postingan klik tombol Publish. Anda bisa memilih Publik lalu klik tombol Bagikan.
9. Selesai. Anda telah memiliki sebuah Blog dan satu postingan, untuk melihat seperti apa tampilan Blog Anda klik tombol View blog dan itulah hasilnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
;