Thursday, January 23, 2014

MENGENAL "DASHBOARD" PADA BLOGSPOT

(Ditulis untuk Kursus Online "Blogging dengan Blogspot Pada Komunitas IIDN)

Saat belajar membuat blog pertama kali, saya kesulitan dari mana harus memulainya. Hanya sedikit artikel yang memuat cara membuat blog secara detail. Biasanya mereka membagikan informasi dalam artikel terpisah-pisah. Karena tujuan penulis adalah mencari pengunjung blog sebanyak mungkin.

Awalnya saya bingung, apa fungsi dan bagaimana cara memanfaatkan fitur-fitur pada dashboard. Nah, melalui artikel ini saya akan berbagi ilmu blogging tanpa ada yang saya sembunyikan.

Adapun penampilan dashboard sebagai berikut. Loh, koq ngga ada nih? Dashboardnya ngumpet? Cara mengeluarkan dashboard adalah sebagai berikut.

Ketik di www.blogger.com klik sign in masukkan alamat email gmail anda dan password lalu anda akan sampai pada halaman sebagai berikut:

Klik nama blog yang anda inginkan (jika lebih dari satu), maka akan keluar DASHBOARD dengan tampilan panel sebagai berikut. ...


Rinny Ermiyanti's photo.
Panel tersebut disebut IKHTISAR.
A. Ikhtisar adalah rangkuman dari aktifitas blog kita, disitu akan terlihat jumlah pengunjung hari ini, kemarin dan dalam sebulan, jumlah postingan dan jumlah komentar, pengunjung kita dari negara mana saja, serta url source mereka (apakah mereka melihat postingan kita setelah "iklan" kita di FB)


B. Pos
Merupakan panel yang digunakan mengkoordinasikan "postingan" yang telah kita buat
Berisi seluruh "JUDUL" postingan baik dalam bentuk tulisan, video, gambar maupun audio, beserta tanggal potingan, jumlah pengunjung dan jumlah komentar



C. Laman:

Adalah panel yang digunakan untuk mengetahui daftar laman yang telah kita buat. Kita dapat menghapus dan mengedit laman tersebut


D. Komentar.
Berisi daftar komentar yang telah disetujui, ditolak maupun komentar yang masih memerlukan moderasi dari pemilik blog. Daftar ini menerangkan judul posting yang dikomentari dan tanggal komentar diterima,



 E. Google+

Berisi keterangan dengan akun Google manakah blog ini kita sign-in. Selain itu ada juga pilihan apakah setiap postingan yang kita terbitkan akan langsung dibagikan oleh Google+, apakah menunggu persetujuan dulu, atau justru tidak ingin kita bagikan.


F. Statistik:

Merupakan panel yang akan menginformasikan gerakan penayangan. Dalam panel ini kita akan melihat berapa orang yang mengunjungi blog kita,pos yang paling menarik,dan sumber lalu lintas blog kita.

Rinny Ermiyanti's photo.

G. Penghasilan
Nah, biasanya para blogger semangat untuk memeriksa fitur PENGHASILAN ini, karena dalam fitur ini bisa diketahui berapa US Dollar yang diperoleh melalui aktifitas iklan blog kita.

H. Tata Letak:
Merupakan panel yang digunakan untuk mengatur widger/gadget dan berbagai penataan yang berkaitan dengan gadget.Anda dapt menggeser dan memosisikan gadget tsb sesuai dengan template dan kreasi anda

I. Template :
Adalah panel yang mengatur latar, tata letak, warna, font (bentuk tulisan), dan lain-lain. Pada panel ini anda dapat mengubah HTML untuk membuat dan mempercantik blog. 

J. Setelan/ Setting
Adalah panel yang digunakan untuk mengedit berkaitan dengan privacy blog, edit nama blog, pemilihan bahasa, meta-tag dsb
 
 

Secara garis besar, panel-panel inilah yang perlu kita ketahui jika kita blogging dengan Blogspot



0 komentar:

Post a Comment

 
;