Museum Bahari

by - Wednesday, December 31, 2014

Kemarin, 30 Desember 2014, setelah mengunjungi Masjid Luar Batang, kami bergerak menuju ke Museum BahariMuseum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, Jakarta Utara ini,  berada di dalam kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa.
Museum Bahari pada tahun 1652 sampai 1759, awalnya adalah merupakan sebuah bangunan yang dipergunakan oleh Kongsi Dagang Belanda (VOC) untuk menyimpan rempah-rempah dan hasil bumi, seperti kopi, teh juga tembaga, timah dan tekstil. Kemudian pada akhir abad ke-17 dibangun beberapa gudang tambahan dikarenakan semakin bertambahnya aktifitas perdagangan mereka.
Pada masa penjajahan Jepang, bangunan ini dipakai  sebagai tempat penyimpanan barang logistik bagi tentara. Kemudian pada masa Kemerdekaan Indonesia  Gedung ini sempat digunakan sebagai gudang untuk PLN dan PTT. Lalu pada tahun 1976, kompleks bangunan Gudang Barat (Westzijdsch Pakhueizen) yang terdiri dari 4 unit bangunan ini diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setelah dipugar, 3 unit diantaranya difungsikankan sebagai Museum. Kemudian bangunan ini pada tanggal 7 Juli 1977 ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya yang menampilkan perjalanan panjang sejarah maritim Indonesia.
Berikut ini adalah foto-foto yang Saya ambil di Museum Bahari,


Bangunan Museum Bahari dilihat dari atas. Di Kejauhan tampak dua buah menara Mesjid Luar Batang

Bangunan Museum Bahari yang semula adalah Gudang menyimpan Bahan Perdagangan seperti Kopi, Teh dll

Selasar Museum Bahari

Menara Pengawas Syahbandar

Dulu adalah Rumah Dinas Syahbandar

Salah Satu Kanal Pelabuhan Sunda Kelapa dilihat dari Menara Syahbandar
Museum ini adalah salah satu favorit Saya untuk destinasi wisata sejarah, karena petugas-petugasnya ramah dan mereka sadar Tourist. Sayangnya lokasi museum ini berada di daerah rawan banjir dan juga  koleksi benda-benda yang dipamerkan nampaknya jarang dilap-lap sehingga berdebu. 

*Seluruh Foto adalah Koleksi Pribadi.


Artikel Wisata Lain:
Pelabuhan Sunda Kelapa

Tidak Nyamannya Ziarah Ke Masjid Luar Batang
Penyewaan Mukenah di Masjid Istiqlal
Goa Lalay
Gunung Galunggung
Situ Gunung Cisaat 
Museum Bahari

You May Also Like

0 komentar