Saturday, January 3, 2015

Auditor Independen

Bagian V : Pahami Apa yang Dikerjakan Auditor Independen.

Perusahaan- perusahaan besar biasanya memiliki auditor internal yang merupakan karyawan perusahaan tersebut. Namun dalam laporan keuangan tahunan , mereka seringkali mencantumkan opini auditor independen tentang laporan keuangan perusahaan tersebut.
Orang awam seringkali mengira bahwa auditor independen bertugas memeriksa keakuratan laporan tersebut. Sesungguhnya bagi auditor independen akan sulit memastikan bahwa laporan keuangan tersebut 100% akurat, kecuali firma auditor tersebutlah yang melakukan pencatatan transaksi dan menyiapkan laporannya. Namun, jika hal tersebut dilakukan, maka firma tersebut tidak bisa disebut Auditor Independen lagi.
Dalam kapasitas auditor independen sebagai orang luar perusahaan yang obyektif, mereka mengevaluasi apakah laporan keuangan tersebut menampilkan posisi keuangan perusahaan dan hasil operasi serta arus kasny dengan benar. Untuk memastikan hal tersebut, auditor akan melakukan berbagai cara seperti bertanya dan meminta konfirmasi kepada para pelanggan, pemasok dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.
Auditor juga akan memeriksa prosedur dan alur pemeriksaan berkas keuangan (seperti: faktur invoice, dll) untuk meminimalkan kesalahan dan penipuan dalam pencatatan. Auditor juga akan memastikan bahwa berkas keuangan (misalnya faktur) sudah dicocokkan dengan dokumen pendukung lain secara benar.
Program komputasi keuangan termasuk juga akan diperiksa oleh auditor. Mereka akan melihat apakah ada kesalahan dalam program tersebut. Misalnya dalam pembulatan angka dalam faktur tagihan (biasanya satuan sen). Apakah pembulatan tersebut ditanggung oleh perusahaan atau ditanggung oleh pelanggan. Apabila kesalahan pembulatan tersebut memiliki nilai yang besar, auditor akan menilai kesalah tersebut sebagai kesalahan material dan akan meminta perusahaan merevisi kembali laporan keuangannya.

Opini auditor dapat memberi opini “bersih” , atau “wajar dengan syarat” tentang laporan keuangan.

0 komentar:

Post a Comment

 
;