Sunday, January 4, 2015

Bacalah Neraca Dengan Cermat

Bagian VI : Pelajari Neraca Dengan Cermat.

Saat anda membaca neraca keuangan, anda harus mempelajari dengan cermat laporan tersebut . Karena meskipun laporan neraca merupakan sebuah persamaan sederhana, yaitu : Aktiva = Pasiva + Modal Pemilik/ Pemegang Saham., namun Neraca merupakan penggambaran kekuatan keuangan perusahaan di akhir periode akuntansi. Apabila salah satu sisi dari persamaan diatas meningkat, maka sisi seberangnya semesti meningkat pula. Begitupun sebaliknya.
Aktiva yang ditampilkan dalam neraca dibagi atas Aktiva lancar dan Aktiva tetap. Aktiva lancar adalah uang kas atau barang-barang berharga lainnya yang diharapkan dapat diubah menjadi uang kas dalam waktu satu tahun.Tipikal aktival lancar adalah kas, piutang dan inventaris. Aktiva tetap mencakup gedung, properti dan peralatan.
Pasiva juga dibagi atas Pasiva lancar dan Pasiva tetap. Pasiva lancar diharapkan dibayar dalam jangka satu tahun dan mencakup utang serta utang gaji. Pasiva tetap biasanya berupa kontrak sewa dan utang yang akan dibayar kembali dalam satu tahun.
Modal Pemilik atau modal pemegang saham adalah nilai pemilik dam bisnis.

Sambil membaca Neraca, simpanlah beberapa poin ini penting ini dalam benak anda:
1. Piutang : Bagaimana perusahaan mengadakan penyesuaian bagi pelanggan yang memiliki kemungkinan tidak membayar piutangnya?
2. Inventaris : Apakah semua inventaris dapat dijual? 
3.Utang jangka panjang: Apakah bagian yang terkait dengan utang jangka panjang muncul di bawah total pasiva lancar?


0 komentar:

Post a Comment

 
;