Friday, January 2, 2015

Istilah-Istilah Keuangan dan akuntansi

Bagian II:  Pahami Istilah Keuangan.

Bagi kebanyakan orang, istilah KREDIT adalah sejumlah hutang yang harus dibayarkan dalam nominal tertentu dalam tiap kurun waktu tertentu (perbulan, misalnya). Padahal bagi akuntan, istilah kredit memiliki definisi yang berbeda.

Kredit adalah label pada kolom kanan dari jurnal dua kolom dalam sistem akuntansi. Kolom kiri dikenal sebagai kolom DEBET. Dalam sistem jurnal dua kolom, semua hasil jumlah kredit dan debet haruslah memiliki angka yang sama persis.

Agar anda dapat berbicara dalam bahasa yang sama dengan orang-orang keuangan, berikut ini beberapa istilah umum dalam keuangan dan akuntansi.
  1. Aktiva : Adalah sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh perusahaaan. Misalnya tanah, mesin-mesin
  2. Pasiva : Adalah sumber daya yang harus dibayar oleh perusahaan
      Misalnya hutang
  1. Nilai Buku: Adalah jumlah aktiva atau pasiva yang ditunjukkan dalam laporan keuangan resmi perusahaan berdasarkan harga asli.
  2. Nilai Pasar : Adalah nilai aktiva atau pasiva berdasarkan harga pasar saat ini. Seringkali nilai buku tidak sama dengan nilai pasar, terutama untuk aset yang telah berumur lebih dari setahun.
  3. Barang modal : Mesin dan barang yang digunakan untuk memproduksi barang lain. Bagi kebanyakan perusahaan , pembelian barang modal mewakili investasi utama.
  4. Depresiasi : Adalah sistem yang membagi harga aktiva berwujud, seperti mesin, dengan umur ekonomis dari aktiva tersebut.
  5. Amortisasi :  Adalah sistem yang membagi harga aktiva yang tidak berwujud (seperti hak paten) dengan umur ekonomis dari aktiva tersebut.
  6. Tahun pajak : Tahun laporan keuangan suatu perusahaan. Pada banyak kasus, tahun pajak tidak sama dengan tahun kalender 1 Januaru- 31 Desember.
  7. Margin laba : Laba sebagai persentase penjualan atau pendapatan.
  8. Piutang : Adalah uang yang akan di dapat perusahaan
  9. Utang : Adalah uang harus dibayar oleh perusahaan
  10. Pendapatan : Adalah Penghasilan yang mengalir ke dalam perusahaaan. Pendapatan termasuk penjualan, bunga dan sewa
  11. Biaya : Adalah uang yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yang dicocokkan pada periode tertentu, misalnya per bulan, atau per tahun.
Istilah-istilah diatas hanyalah titik awal. Saran Saya adalah bertanyalah jika ada istilah yang tidak anda ketahui atau tidak anda pahami. Buatlah catatan daftar istilah yang baru anda ketahui.


0 komentar:

Post a Comment

 
;