Friday, January 2, 2015

Jangan Berasumsi

Bagian III : Jangan Berasumsi.

Saat anda membaca sebuah laporan keuangan, ingatlah satu hal : Jangan mudah berasumsi jika masih ada hal-hal yang tidak anda pahami. Karena sering kali, orang membuat kesimpulan setelah sekilas melihat ke arah angka dan perhitungan laba.
Jika anda benar-benar ingin memahami laporan keuangan, anda harus menggali lebih dalam dari sekedar melihat angka-angka yang muncul diatas kertas. Jika anda merasa ada sesuatu yang salah” dalam laporan keuangan tersebut, maka anda perlu bertanya dan menganalisis , misalnya : Adakah tren bisnis yang sedang tidak lazim? Apakah tren tersebut akan berlangsung dalam jangka panjang atau sesaat saja? Apakah penyebabnya? Apakah kondisi ini terjadi hanya pada perusahaan tersebut atau secara global? Atau mungkin ada perubahan kebijakan dari pemerintah yang menyangkut ke keuangan, seperti peraturan perpajakan baru?
Untuk memperoleh gambaran lengkap tentang apa yang terjadi, anda perlu menyelidiki kondisi perusahaan dan kondisi bisnis keseluruhan. Anda bisa bertanya tentang hal-hal tersebut  pada asosiasi perdagangan atau pihak-pihak yang lebih memahami iklim bisnis.


0 komentar:

Post a Comment

 
;