Friday, January 2, 2015

Pentingnya Pengaturan Waktu

Bagian IV : Pentingnya Pengaturan Waktu

Seperti dalam banyak bidang lain, Dalam Akuntansi penentuan pengaturan waktu dan waktu tenggat adalah penting. Karena berhubungan dengan waktu pencatatan dalam laporan keuangan.
Dalam bisnis biasanya ada dua metode pencatatan transaksi :kas dan akrual. Pada metode akuntansi kas transaksi dicatat ketika telah terjadi pemindahan uang. Sedangkan metode akuntansi Akrual adalah pencatatan dilakukan ketika transaksi telah selesai terjadi, meskipun belum ada proses pemindahan uang.
Dalam bisnis kecil umumnya menggunakan akuntansi Kas karena lebih sederhana, dimana pendapatan dicatat ketika pelanggan telah membayar atau ketika biaya-biaya dan hutang telah dibayar.
Sedangkan dalam bisnis besar biasanya memakai metode akuntansi akrual. Tujuannya adalah untuk mencocokkan pendapatan dengan biaya-biaya yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan. Contohnya: transaksi dicatat saat produk dikirimkan kepada pelanggan bukannya ketika produk dibayarkan setelah pengiriman.

Setelah mengetahui masing-masing metode pencatatan akuntansi, maka anda bisa memilih metode yang paling tepat bagi bisnis anda. Dengan demikian anda bisa menentukan jangka waktu untuk pembayaran utang serta waktu tenggat untuk mendapatkan pembayaran piutang dari pelanggan. Sehingga dalam proses jual-beli, anda bisa menetapkan apakah anda akan menerapkan suatu sistem, misalnya  Cash and carry , atau dengan memberikan Term of payment .

0 komentar:

Post a Comment

 
;