Strategi Pemasaran Paling Efektif

by - Friday, June 19, 2015



Menurut ‘Infusionsoft’, 'word-of-mouth” alias getok tular adalah strategi pemasaran yang paling efektif bagi UKM.
Strategi lain yang juga dianggap efektif adalah email (34%), Networking (25%), media sosial (23%), Search Engine Marketing alias SEO/SEM (14%), dan Content Marketing  (13%).
Sedangkan iklan melalui televisi / radio memiliki keefektifan hanya sekitar 2%.
Sumber Gambar : Infusionsoft




















Bagaimana jika produk anda adalah sebuah produk yang benar-benar baru lahir? Bagaimana menciptakan word of  mouth?
Anda bisa menggunakan beberapa cara diantara menyewa seseorang yang memiliki banyak follower serta berpengaruh positip dalam sebuah komunitas sebagai corong bicara untuk produk anda. Atau dengan cara membuat sebuah event di lokasi usaha anda, atau aktif berkampanye di sosial media, dan sebagainya. Untuk menjadi sebuah trend setter baru produk anda harus unik namun bisa diterima masyarakat.

Jika anda ingin menggunakan sarana email sebagai bagian dari alat marketing anda, pastikan bahwa penerima email adalah orang yang sukarela menerima update informasi dari anda secara rutin.
Saya sangat tidak menyarankan anda membeli database alamat email receiver dari penjual database. Adalah sangat penting receiver merasa 'rela' menerima email anda sehingga ia sendiri memberikan datanya pada anda.
Apakah ada orang yang mau memberikan alamat emailnya dengan sukarela?
Banyak.
Asalkan mereka meyakini bahwa setiap email dari anda kelak akan bermanfaat bagi mereka.
Lalu bagaimana membuat konten email yang bermanfaat?
Tulislah isi email berdasarkan kebutuhan penerima. Bukan hanya berisi hal-hal yang penting dari sisi anda. Untuk itu anda bisa bertanya atau melakukan survey. Berdirilah pada posisi penerima email anda.

Strategi berikutnya agar anda dikenal, tidak bisa tidak, anda harus berjejaring. Networking adalah segalanya dalam sebuah bisnis. Dari jejaring, anda bukan hanya akan mendapatkan konsumen tetapi juga supplier, jaringan distribusi, sumber pemodalan dan sebagainya. Makin luas jejaring bisnis anda  maka akan makin luas juga sebaran penyangga bisnis bisa anda dapatkan.

You May Also Like

0 komentar