Trip Ke Belitung (3)

by - Sunday, June 07, 2015

Minggu, 31 Mei 2015

Pagi ini kami menyewa mobil di hotel, biayanya 250.000/12 jam, belum temasuk supir dan bensin. Rute kami pagi ini adalah ke Belitung Timur. Ke kampung halaman Pak Gubernur DKI, Bapak Ahok. 
Dengan berbekal catatan petunjuk arah dari resepsionis hotel maka melajulah kami ke sana.

Dalam perjalanan, kami menyempatkan mampir ke sebuah Vihara yaitu Klenteng Dewi Kwan Im. Tapi karena pengunjung cukup padat maka saya hanya sampai pelataran saja untuk mengambil beberapa foto. Yang penting ada fotonya biar ngga dibilang hoax... Hehe...



Di Belitung Timur kami mengunjungi replika Sekolah Muhammadiyah yang di ceritakan sebagai sekolah SD nya Ikal CS dalam buku Laskar Pelangi. 









Lalu kami ke Museum Kata-Andrea Hirata dan ke sebuah kedai kopi yang sekarang paling terkenal di Belitung Timur karena konon kedai kopi tertua di sana. Kedai Kopi Atet.


Soal warung kopi, rasanya di Belitung Timur ini sangat banyak warung kopi. Hampir di setiap sudut jalan ada. Tidak mengherankan jika kota kabupaten ini juga mendapat julukan Kota 1001 Kedai Kopi. 


Berkunjung ke warung kopi bagi masyarakat Belitung (terutama generasi tuanya) rasanya sudah menjadi kewajiban harian. Di kedai kopi inilah lalu lintas informasi menyebar. Dan di kedai kopi inilah kekerabatan antar warga terjalin erat. Maka tidak heran, hanya bermodalkan memesan segelas kopi, kita akan diijinkan nongkrong berapa jam pun di sana, sampai bosan sendiri. 
Salah satu kedai Kopi di Belitung Kota
Karena perjalanan Belitung Timur - Belitung Kota cukup jauh, maka saya memutuskan hanya setengah hari ngelayap di sini. Menjelang sore kami kembali ke Belitung Kota. 

You May Also Like

0 komentar