Thursday, June 22, 2017

Cek Mundur dan Anak Kerbau

Perusahaan kami sering sekali mendapat pembayaran dari Customer dalam bentuk cek atau giro mundur. Jadi sesuai dengan perjanjian, kolektor kami datang sesudah 30 hari dari tanggal pengiriman barang. Tetapi saat penagihan kami diberikan cek atau giro yang tanggal mundurnya hampir 30 hari dari tanggal kolektor menagih. Jadi total bisa 60 hari.
Tapi, kemunduran ini masih termasuk mending sih.
Karena ada sebuah perusahaan yang saat penagihan memberikan giro dengan tanggal mundur setahun ke belakang.
Itu pun masih mending.
Karena ada juga sebuah perusahaan milik konglemat besar, tanggal invoice kami hingga ulang tahun ketiga, belum dibayar juga. Makanya sejak itu kami ogah berurusan dengan kelompok usaha tersebut.
Itu juga masih mending.
Malah ada perusahaan yang mengemplang. Sebagai jawaban tagihan kami, mereka mengirimi surat keterangan sedang mengajukan pailit. Yah mesti berproses untuk dibayar, kalau dapat.
*Tepok jidat*😛
Peternak sedang Menghibur Emak Kerbau
yang baru kematian anaknya.

Berikut ini ada juga cerita lain tentang penggunaan cek mundur.
Pada suatu hari di suatu masa, ada seorang pengendara mobil, mengemudi melewati sebuah peternakan, tanpa sengaja ia menabrak seekor anak kerbau yang sedang menyeberang jalan. Anak kerbau tersebut langsung tewas di tempat. Karena merasa bertanggung jawab, Pengendara itu menemui pemilik anak kerbau dan menjelaskan apa yang terjadi. Dia kemudian bertanya harga hewan itu.
"Oh, karena ia masih anak kerbau, maka harganya sekitar empat juta hari ini." kata Peternak itu.
“Wah, masa sih harganya segitu, Pak?  Harga 4 juta sangat mahal.” Kata si Pengendara.
"Ya,Pak. Saya juga tidak ingin anda membayar sebanyak empat juta.” Kata si Peternak.
“Jadi berapa?”
“Begini Pak, seandainya anda tidak menabrak anak kerbau itu sampai mati, dalam enam tahun yang akan datang kerbau itu akan bernilai delapan juta. Jadi yang saya inginkan adalah uang sebesar 8 juta rupiah."
Tanpa banyak membantah Pengendara itu segera menulis cek dan memberikannya kepada peternak tersebut.
"Ini," katanya, "Cek senilai 8 juta rupiah, yang saya beri tanggal mundur dan bisa dicairkan 6 tahun dari sekarang. Sekarang kita impas" Si Pengemudipun berlalu meninggalkan si Peternak yang hanya bisa bengong memandangi cek di tangannya.

0 komentar:

Post a Comment

 
;