Saturday, June 24, 2017

Salah Satu Penemuan Hebat di Dunia: Panci Presto

Tradisi dalam keluargaku, rendang dan buras adalah dua jenis makanan yang wajib ada saat Lebaran. Disamping NASTAR, tentu. Perkawinan makanan Minang dan Makassar  yang entah bagaimana ceritanya selalu bertemu di meja makan kami di saat Hari Raya. Makanan-makanan bersantan yang pasti akan membuat kadar kolesterol darahku naik.

Saya ingat ketika saya masih gadis muda, kedua jenis makanan ini akan membuat Ibu bergadang saat memasaknya. Dan saya biasanya menemani beliau sebagai wujud toleransi sebagai anak (pletak!). Pada hari terakhir puasa, Ibu berangkat ke pasar saat tengah hari. Lalu mulai memasak setelah waktu Ashar. Untuk merebus buras (dan sedikit ketupat) ibu biasanya memasaknya selama minimal 6 jam! Api yang digunakan berasal dari kompor berbahan minyak tanah, dalam kaleng blek bekas minyak sayur.

Sekarang tradisi ini menurun pada keluarga saya. 

Walau tidak dikatakan terus terang, tapi dari permintaannya berulang-ulang, suami pun seperti mewajibkan saya menyediakan rendang dan buras setahun dua kali. Tiap Hari Raya.  Hanya saja jika saya harus memasak buras selama 6 jam, waduh, kapan saya sempat ngeblog dan ber-sosmed-an
"Nyerah Adek, Bang." 

Untunglah setiap masalah selalu dilengkapi jalan keluar. Maka untuk memangkas waktu memasak, saya menggunakan panci bertekanan alias Presto Cooker.  Dengan panci presto, saya hanya butuh waktu 3 jam untuk memasak. 2 jam untuk segala preparation dan 1 jam untuk merebus buras. Begitupun dengan rendang. Jadi sementara 2 panci presto itu bekerja beriringan, saat yang sama saya bisa mengerjakan hal lain. Diantaranya  mengetik artikel ini. Tak terasa, satu jam kemudian, ting!  Kelar deh kedua masakan tersebut.


Oya, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada James Watt  atas penemuan revolusionernya tentang mesin uap. Yang merupakan prinsip dasar dari cara kerja panci presto ini. Ya tentu juga diikuti oleh para inventor penyusulnya hingga packing presto cooker terbentuk. Dan sudah pastinya segala puji kepada Allah Subhanawata’ala yang memberi ilham kepada para ilmuwan tersebut sehingga panci  presto hadir ada di dunia ini dan bisa dimanfaatkan oleh emak-emak sejagat, termasuk saya.

Terima kasih.

1 komentar:

Post a Comment

 
;